Denah Rumah Minimalis

50+2 Denah Rumah Minimalis: Modern, Sederhana, Bujet Murah!

Denah Rumah Minimalis – Pembangunan sebuah hunian akhir-akhir ini bukanlah perkara yang mudah. Selain rangkaian pembangunan yang cukup memakan waktu, biaya bahan baku saat ini pun mengalami kenaikan yang relatif nggak kecil.

Agaknya, hal ini membuat pembangunan sebuah hunian impian menjadi sangat sulit agar bisa terwujudkan.

Nah, teruntuk Anda yang mempunyai budget terbatas ketika hendak membangun sebuah hunian, maka konsep rumah minimalis menjadi sebuah pilihan yang sangat tepat bagi Anda.

Mengapa?

Karena akan relatif terjangkau karena konsep rumah minimalis cenderung tidak membutuhkan biaya yang sangat besar.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, di mana ketika kita ingin membeli hunian maka akan cenderung mudah dan murah, sekarang ini hanya untuk membeli lahan atau tanah saja mengalami pelonjakan harga yang begitu mengerikan.

Harganya semakin hari semakin meroket.

Hal ini, tentu saja akan menjadi mimpi buruk bagi Anda yang baru saja menikah dan ingin sekali membangun istana sendiri. Namun demikian, ini bukan berarti Anda dan pasangan tak mungkin menggapai impian untuk memiliki rumah idaman.

Ada cukup banyak cara yang dapat dilaksanakan agar bisa mendapatkan hunian impian. Selain menggunakan jalan KPR atau kredit, menggapai impian  untuk memiliki rumah impian pun bisa Anda lakukan dengan menabung terlebih dahulu.

Akan tetapi, dengan alternatif menabung, hal ini mungkin akan membutuhkan waktu yang lama bagi Anda untuk bisa menggapai impian mendapatkan rumah idaman.

Oleh karena itu, menabung mungkin perlu anda lakukan dari jauh-jauh hari pun bertahun-tahun sebelum Anda merencanakan berkeluarga bersama dengan pasangan. Akan tetapi, penantian yang panjang ini akan berbuah lebih baik dan menguntungkan bagi Anda. Salah satunya ialah harga hunian yang jauh lebih murah dibandingkan dengan kredit.

 

Apa Itu Denah Rumah?

Bagi membangun sebuah hunian, salah satu hal yang paling penting ialah denah rumah. Mengapa? Karena desain rumah dapat memastikan bagaimana bentuk sebuah bangunan rumah serta seperti apa konsep interiornya.

Sebelumnya, Anda mesti memahami apa itu denah.

Secara awam, denah dapat diartikan sebagai sebuah peta yang mempunyai ukuran yang kecil bagi menunjukkan dan menggambarkan detail lokasi dari suatu bangunan.

Pada umumnya, denah dapat dilihat atau menunjukan penampakan sebuah bangunan dari atas. Contohnya adalah seperti di bawah ini.

 

denah bangunan rumah

 

Fungsi Denah Rumah

Denah rumah dishasilkan bagi memberi kemudahan bagi penggunanya bagi melacak lokasi pembangunan sebuah rumah, semisal tempat letak istirahat (kamar), dapur, kamar mandi, ruang tamu, dan sebagainya.

Selain itu, denah rumah juga diwujudkan bagi fungsi tertentu, ada di antaranya:

1. Mengetahui Susunan Ruang

Denah  rumah mempunyai fungsi susunan ruang. Apa yang dimaksud dengan fungsi susunan ruang? Fungsi hal yang demikian ditujukan bagi memperlihatkan susunan atau tata ruangan yang ada ada di dalam bangunan rumah.

Dengan mengamati denah atau desainnya, pengguna dapat dengan mudah mengetahui tempat susunan ruangan yang ada ada di dalam suatu bangunan.

2. Mengetahui Sirkulasi Ruang

Fungsi dari denah atau desain rumah selanjutnya yaitu fungsi sirkulasi ruang. Hal ini berhubungan dengan arus keluar masuk pada sebuah ruangan. Dengan menunjukan sirkulasi ruang, pengguna denah akan benar-benar mudah mengetahui jalan-jalan yang terhubung antara ruangan satu dengan ruangan yang lainnya.

Selain itu, pengguna juga dapat mengetahui jalan yang paling cepat menuju ruangan tertentu.

3. Mengetahui Ruangan

Bagi fungsi ruang sendiri, denah rumah bertujuan bagi menunjukkan posisi setiap ruangan yang ada di dalam bangunan rumah. Dengan menggunakan denah, seseorang dapat dengan mudah mengetahui ada di mana tempat ruangan-ruangan tertentu.

Itulah mengapa, denah rumah dibuat selengkap mungkin, seperti di bawah ini.

 

fungsi denah rumah

 

4. Mengetahui Isi Ruangan

Denah atau desain rumah juga mempunyai fungsi sebagai petunjuk mengenai isi ruangan yang ada pada sebuah bangunan rumah. Selain itu, hal hal yang demikian juga berhubungan dengan komponen apa saja yang ada dalam masing-masing ruangan pada bangunan.

 

Baca Juga: Jasa Desain Interior Solo

 

5. Mengetahui Dimensi Ruangan

Fungsi dimensi ruang pada denah atau desain rumah dapat berguna sebagai penunjuk dimensi ukuran setiap ruangan yang diciptakan ada di dalam rumah. Dengan memanfaatkan fungsi ini, pengguna denah akan lebih mudah mengetahui ukuran setiap ruangan yang ada dalam sebuah bangunan dengan rinci.

6. Mengetahui Letak Pintu Tiap Rumah

Fungsi selanjutnya dari adanya desain yakni bagi mengetahui tempat pintu dan bukaan. Selain bagi menunjukan tempat pintu dan bukaan, keberadaan denah rumah berguna bagi mengetahui bermacam-macam ventilasi lainnya yang dibangun. Ini akan benar-benar berguna ketika terjadi bermacam bencana seperti kebakaran ada di dalam sebuah gedung.

Dengan memanfaatkan fungsi ini, pengguna akan lebih mudah dalam mencari celah atau pintu atau juga ventilasi dalam upaya penyelamatan diri.

Ketika Anda mencoba bagi membaca desain pada sebuah bangunan atau rumah, hal yang paling terlebih yang mesti diperhatikan yakni patokan arah mata angin. Pada umumnya, masing-masing denah menunjukkan arah mata angin utara. Biasanya juga, dalam sebuah denah akan ada keterangan (legenda) simbol-simbol penunjuk sesuatu yang terletak pada sebuah bangunan yang akan memberi penjelasan mengenai ruangan dalam sebuah bangunan.

Pembuatan desain bagi membangun sebuah bangunna sangatlah penting. Hal hal yang demikian juga memperlihatkan bentuk bangunan rumahnya seperti apa dan bagaimana. Selain itu, denah rumah juga akan menghadirkan kemudahan bagi pekerja dalam melaksanakan pekerjaannya bagi menyelesaikan sebuah bangunan berdasarkan denah yang telah dishasilkan.

 

Apa Itu Rumah Minimalis?

Dalam dunia arsitektur, pengertian minimalis yakni metode merancang yang estetika dan fungsionalitasnya terpenuhi dengan elemen yang paling mendasar dan esensial. lntensitasnya merupakan bagi mengakomodasi kehidupan dengan sederhana, tetapi tetap mengedepankan nilai estetikanya. Minimalis menunjukkan kelurusan, kesederhanaan tekstur, dan penerapan struktur yang logis atau tak mengada-ada.

Dengan demikian pengertian rumah minimalis merupakan rumah yang dibangun dengan konsep struktur yang logis sesuai fungsional yang paling mendasar dan esensial tanpa harus meninggalkan nilai estetikanya.

Pada dasarnya, konsep rumah minimalis amat peduli pada keutuhan lingkungan yang penggunaan material ga terlalu berlebihan atau boros. Material yang digunakan berasal dari lokal dan alami, artinya berasal dari lingkungan yang ada ada di sekitar bangunan hal yang demikian dibangun.

Dalam perkembangannya, rumah minimalis modern punya pengertian lain yaitu rumah yang ada di desain unik, rapi, bersih tanpa banyak ornamen, terkesan mungil, sungguh-sungguh presisi, menggunakan warna yang berani agar lebih tampak menarik.

Sehingga bagi membuat sebuah rumah minimalis modern terkadang gak lagi memikirkan biaya yang mahal seperti dibangun ada di area luas dengan bahan material mahal bagi menciptakan sebuah estetika tanpa meninggalkan fungsionalitasnya.

 

Contoh Denah Rumah Minimalis

Banyak masyarakat yang terkendala dengan pembangunan rumah idaman karena luas tanah yang terbatas. Mereka khawatir andaikata sekiranya ukuran lahan yang kecil akan membuat impian untuk memiliki rumah idaman minimalis yang nyaman menjadi tertunda.

Tapi tak mengapa, gak usah khawatir, di PropertiSoloraya, kami akan memberikan inspirasi denah rumah minimalis mungil yang sederhana tetapi nyaman dan enak untuk ditinggali.

Seperti apakah? Simak saja terus postingan ini, ya!

 

1. Denah Rumah Minimalis Mungil dan Sederhana

Rumah ialah letak ada di mana prioritas bagi pulang setelah melaksanakan aktivitas. Rumah juga merupakan letak ada di mana keluarga kita terbentuk bagi memberikan kasih sayang. Juga merupakan letak kita menghadirkan kenyamanan kepada pasangan dan anak-anak.

Sejatinya, desain rumah bergaya minimalis telah hadir sejak 1920-an, akan tetapi belum sengetren kini. Maklum, dulu lahan masih tumpah ruah. Sedangkan kini, lahan telah terbatas.

Dengan kata lain, baru mulai pada tahun 90-an bentuk yang membawa kesederhanaan ini mulai banyak dikenal orang dan terus mengalami pertumbuhan yang begitu cepat dalam puluan tahun setelahnya. Banyak orang berpendapat desain rumah minimalis mempunyai khas bentuk rumah yang sederhana, tetapi tetap mempunyai seni keindahan dengan tata ruang yang lebih lapang.

Sebenarnya mulai munculnya model desain rumah minimalis yaitu sebagai wujud pengiritan penggunaan materi bangunan. Pada bentuk desain rumah lain, biasanya penggunaan materi bangunan amat berlebihan. Ada di samping hal ini dapat menjadikan terkurasnya sumber daya alam, juga memerlukan dana yang ga sedikit.

Sebuah rumah yang enak selalu dikaitkan dengan rumah gede dengan lahan luas dan desain klasik yang elegan. Padahal bagi mendapatkan sebuah rumah megah seperti itu, tentu memerlukan banyak bajet dan tak semua orang mempunyai bajet yang cukup bagi membangun rumah yang megah.

Lahan tanah yang sempit bukan berarti impian anda mempunyai sebuah rumah yang nyaman akan sulit dicapai. Bila anda lebih jeli saat ini ada banyak strategi bagi mensiasati hal ini dengan baik. Salah satunya ialah dengan merencanakan pembangunan rumah dengan sebaik-baiknya.

Selain itu bagi mensiasati pembangunan sebuah rumah di atas lahan yang sempit maka konsep minimalis dapat anda terapkan. Model rumah yang satu ini akan memungkinkan anda bagi mendapatkan hunian yang nyaman bergaya modern. Dengan begini maka keluarga yang tinggal didalam rumah akan terkesan dengan tampilan bangunan yang menarik.

 

denah rumah mungil minimalis sederhana 1

 

denah rumah mungil minimalis sederhana 2

 

denah rumah mungil minimalis sederhana 3

 

denah rumah mungil minimalis sederhana 5

 

denah rumah mungil minimalis sederhana 6

 

denah rumah mungil minimalis sederhana 8

denah rumah mungil minimalis sederhana 9

 

Tips Mensiasati Rumah Mungil Agar Tidak Terkesan Sesak

Ada beberapa informasi penting yang perlu anda ketahui agar bangunan rumah yang mungil tidak terkesan sesak untuk ditempati. Hal ini akan sangat membantu untuk anda agar tinggal dirumah mungil yang tidak terlalu luas bisa tetap terasa nyaman.

Ingin tahu seperti apa?

Mari simak informasinya dibawah ini.

a. Jangan Bawa Peralatan Terlalu Banyak

Hal pertama yang penting bagi diketahui dalam mensiasati ruangan rumah mungil agar gak terasa sempit dan sesak ialah dengan ga membawa peralatan terlalu banyak. Menempatkan banyak property didalam rumah hanya akan membuatnya terkesan berantakan. Hal ini pun akan membuat ruang gerak didalam rumah menjadi semakin terbatas.

Oleh karenanya, perhatikan balik persoalan ini dengan baik. Mengingat konsep rumah yang anda terapkan yakni rumah minimalis. Biasanya model rumah ini ngga terlalu membutuhkan banyak peralatan atau perabotan didalamnya. Jadi demikian, pilihlah beberapa peralatan yang anda perlukan dan hindarkan beberapa peralatan yang ga perlu.

b. Terapkan Konsep Open Layout

Memberikan sekat terlalu banyak didalam rumah pun akan mungkin membuat rumah terkesan sesak. Jadi demikian, sebaiknya hindarkan memberikan serpihan atau potongan untuk membuat sekat didalam rumah. Sebaliknya, terapkanlah konsep open layout didalam rumah dimana konsep ini akan membuat ruangan terkesan lebih lega dan luas.

c. Jaga Kebersihan Rumah

Memastikan rumah anda selalu bersih dan rapi yakni hal penting yang perlu diperhatikan dengan baik. Hal ini akan benar-benar bermanfaat demi menghadirkan kesan rumah yang lebih luas. Selain itu, pastikan seandainya anda selalu menempatkan peralatan balik pada tempatnya.

Menyusun peralatan didalam rumah dengan baik pun akan pula menyuguhkan kesan yang nyaman semasa bertempat didalam rumah. Jadi demikian mulai saat ini pastikan selalu rumah anda terjaga kebersihannya dengan baik. Pastikan debu dan kotoran dapat dibersihkan dengan baik.

Dan selalu jaga peralatan pada tempatnya dan menyusun segala halnya dengan baik dan sederhana. Itulah dia beberapa informasi yang dapat kami sampaikan kali ini.

Semoga denah rumah mungil minimalis yang sederhana namun nyaman dan keren diatas dapat bermanfaat bagi anda. Serta membantu anda menemukan denah yang cocok bagi diaplikasikan pada bangunan rumah idaman anda.

 

2. Denah Rumah Minimalis Modern

Konsep rumah minimalis saat ini sedang populer. Karena konsep rumah seperti ini sederhana, praktis namun tak lekang oleh waktu. Nah, bagi anda yang sedang berencana membangun rumah, anda bisa memulainya dengan membuat denah rumah yang modern dan minimalis agar lebih mudah dalam merencanakan anggaran, serta proses pembangunan menjadi efisien.

Bagi memudahkan anda merancang denah rumah modern minimalis, berikut ini kami hadirkan beberapa inpirasi denah rumah minimalis modern yang dapat anda jadikan inspirasi.

Yuk lihat gambar denah rumah modern minimalis terbaru di bawah ini.

 

a. Tiga Kamar Tidur

denah rumah modern minimalis 1

 

Membuat denah rumah akan menghadirkan kita gambaran seperti apa rumah kita jikalau telah jadi. Selain membuatnya sendiri, anda juga bisa mencari inspirasi denah rumah yang telah ada. Ada banyak denah rumah modern minimalis bagi hunian masa kini yang dapat anda jadikan inspirasi, salah satunya seperti ada di atas. Denah hunian ada di atas dilengkapi dengan 3 kamar tidur.

Seperti yang kita lihat, denah hunian ada di atas mempunyai ukuran halaman yang cukup luas, bisa digunakan bagi dua mobil. Kemudian ada di dalam hunian menggunakan konsep terbuka sehingga akan terasa lebih leluasa. Beberapa fungsi ruangan, seperti ruang tamu dan ruang makan digabungkan yang terhubung satu sama lain, sehingga pemilik hunian bisa berinteraksi dengan lebih leluasa.

Sekiranya biasanya dapur lokasinya ada di belakang hunian, berbeda halnya dengan denah hunian ada di atas. Dapur dijadikan ada di depan hunian atau dekat dengan ruang makan. Sedangkan bagi area belakang dikhususkan bagi kamar tidur. Kamar tidurk secara khusus lokasinya ada ada di paling belakang dengan fasilitas yang cukup lengkap. Menghadap ke taman belakang hunian, kamar terasa nyaman.

 

b. Modern Sederhana

 

Denah Rumah Minimalis Modern 2

 

Gambar denah tempat tinggal ada di atas bisa anda jadikan inspirasi. Tempat tinggal ada di atas ukurannya gak luas namun tetap terlihat nyaman. Denah tempat tinggal ada di atas cocok bagi keluarga kecil. Terdiri dari 2 kamar tidurk, yaitu kamar tidurk secara khusus yang lokasinya bertempat ada di belakang tempat tinggal dan kamar tidur anak bertempat ada di depan tempat tinggal.

Kemudian ada di antara kedua kamar hal yang demikian terdapat kamar mandi. Lokasi kamar mandi yang strategis mudah dijangkau dari beberapa area tempat tinggal. Ada di bagian depan, tempat tinggal dilengkapi dengan taman minimalis dan carport. Kemudian ada teras yang cukup luas dengan tempat duduk dan meja santai yang melengkapinya. Dari pintu masuk segera menuju ke ruang tamu. Sama seperti gambar denah sebelumnya, denah tempat tinggal yang satu ini juga menggunakan konsep terbuka. Ruang tamu dan ruang makan digabungkan sehingga lebih leluasa. Nah, selain menggunakan konsep terbuka, agar tempat tinggal terlihat lebih leluasa anda juga bisa mencoba tips berikut ini:

  • Memilih warna cerah bagi dinding tempat tinggal
  • Manfaatkan dekorasi cermin pada dinding bagi menciptakan ruangan yang gede
  • Menggunakan furniture multifungsi
  • Membuat jendela dan tirai gede
  • Memilih lantai motif strip
  • Memanfaatkan dinding bagi menyimpan furniture atau alat elektronik seperti TV, dan lain sebagainya

 

 

c. Modern Luas

Denah Rumah modern minimalis 3

 

Selanjutnya ada denah tempat tinggal modern minimalis yang ukurannya cukup luas. Denah tempat tinggal ini cocok bagi anda yang punya ukuran lahan yang luas. Desain rumahnya modern dengan tata tempat ruangan masa kini. Tempat tinggal dilengkapi dengan carport yang ukurannya cukup luas, bisa digunakan bagi 2 mobil. Kemudian dari pintu masuk ada ruang tamu dan ruang makan bertempat pada satu area sehingga tempat tinggal terlihat semakin leluasa.

Denah tempat tinggal ada di atas menggunakan desain dapur modern ala mini bar. Walaupun ukuran dapur ngga terlalu luas namun tetap nyaman. Kemudian ada di belakang dapur terdapat ruang bagi mencuci pakaian. Selanjutnya ada di dekat ruang tamu terdapat kamar mandi kecil. Lalu ada dua kamar tidurk yang saling bersebelahan.

Sedangan bagi kamar tidurk terutamanya lokasinya bertempat ada di belakang tempat tinggal. Ukurannya cukup luas dengan fasilitas yang lengkap. Kemudian salah satu daya tarik dari denah tempat tinggal ada di atas yaitu adanya taman minimalis dalam tempat tinggal. Kehadiran taman membuat suasana tempat tinggal semakin asri dan tentunya lebih indah.

 

d. Modern 2 Lantai

 

Denah rumah modern minimalis 4

Bagi anda yang sedang mencari denah rumah modern 2 lantai, denah rumah ada di atas dapat dijadikan inspirasi. Membuat rumah 2 lantai dapat anda lakukan jikalau berharap membuat banyak ruangan namun terbatas oleh lahan. Ada di lantai 1 terdapat beberapa ruangan seperti ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, dapur dan letak mencuci pakaian.

Ruang tamu dan ruang makan diwujudkan pada satu area sehingga lebih leluasa. Kemudian ruang keluarga dishasilkan ada di belakang rumah dengan desain yang nyaman. Nah, salah satu daya tarik dari denah rumah ini yaitu adanya taman belakang rumah yang luas. Taman belakang rumah ini bisa dijadikan letak berkumpul dan bersantai bersama keluarga tercinta. Ada di dekat pintu masuk terdapat tangga menuju ke lantai 2. Ada di lantai 2 terdapat 3 kamar tidur dengan masing-masing dilengkapi kamar mandi ada di dalamnya.

 

e. Modern 2 Kamar

 

Denah rumah modern minimalis 5

 

Seperti yang kita lihat, desain rumah ada di atas terlihat menarik dan modern. Denah rumah ada di atas dilengkapi dengan 2 kamar istirahat yang nyaman. Dimana masing-masing kamar istirahat dilengkapi dengan kamar mandi ada di bagian dalamnya. Dapur terletak ada di tengah-tengah rumah dengan desain modern ala mini bar.

Kemudian ada di samping dapur ada ruang makan yang ukurannya mungil namun tetap nyaman. Nah, ada di depan dapur ada ruang tamu yang fungsinya digabungkan dengan ruang keluarga. Kemudian ada di samping ruang tamu ada teras kecil yang bisa digunakan bagi bersantai.

 

f. Modern Konsep Terbuka

 

Denah Rumah modern minimalis 6

 

Tempat tinggal konsep terbuka saat ini memang sedang banyak diminati, karena akan menciptakan tempat tinggal yang lebih leluasa. Selain itu, pemilik tempat tinggal bisa berinteraksi dengan mudah. Seperti halnya denah tempat tinggal ada di atas, menggabungkan 3 ruangan menjadi satu tanpa adanya sekat atau pemisah, seperti ruang tamu, ruang makan dan dapur. Dengan desain yang diciptakan serasi tempat tinggal terlihat menarik.

Denah tempat tinggal ada di atas dilengkapi dengan 2 kamar istirahat yang nyaman, dishasilkan ada di area depan dan belakang tempat tinggal. Masing-masing kamar istirahat mempunyai fasilitas yang lengkap, yakni kamar mandi ada di dalam serta walk in closet. Ada di belakang tempat tinggal ada teras mungil yang bisa anda gunakan bagi bersantai sambil menikmati udara sore hari.

 

3. Denah Rumah Minimalis Satu Lantai

Beberapa model atau inspirasi denah tempat tinggal minimalis 1 lantai ini akan dapat membantu anda menemukan inspirasi yang tepat bagi hunian anda yang nyaman. Hal ini pun akan betul-betul bermanfaat terutama bagi anda yang punya budget terbatas bagi menggunakan jasa desainer tempat tinggal. Pemilihan denah tempat tinggal yang kami sediakan kali ini akan dapat membantu anda memutuskan denah tempat tinggal seperti apa yang anda inginkan.

a. Satu Lantai 3 Kamar Tidur

Denah rumah minimalis 1 lantai 1

b. Satu Lantai dengan Desain Elegan

Perancangan denah tempat tinggal minimalis 1 lantai yang selanjutnya yakni sentuhan keren yang diberikan. Bagi model yang satu ini sebenarnya lebih custom atau akan tergantung dari selera anda. Hanya saja, dari seluruh properti yang digunakan bagi model tempat tinggal ini, umumnya lebih modern dan terbaru. Selain penggunaan properti, permainan warna bagi rancangan denah tempat tinggal ini perlu diperhatikan dengan baik.

Pemberian sentuhan putih yang murni dapat memunculkan kesan yang lebih keren bagi desain tempat tinggal anda. Bukan hanya itu, pemberian nuansa putih pada ruangan akan dapat mempersembahkan kesan yang lebih luas dan lebih gede. Oleh karenanya, bagi anda yang tertarik dengan konsep keren maka denah kali ini akan dapat anda usung bersama dengan pasangan atau keluarga.

 

denah rumah minimalis 1 lantai 5

 

c. Satu Lantai Nuansa Putih

Pemberian nuansa hitam putih pada dasarnya lebih terfokus pada sentuhan akhir dari pembangunan hunian. Yakni dengan menyuguhkan permainan warna sebagai finishing dari pembangunan gedung. Tampilan warna hitam putih pada desain hunian kali ini, rupanya sanggup menghadirkan kesan yang keren dan unik pada hunia. Bagi desain hunian seperti ini akan cocok bagi anda yang berjiwa muda. Atau mungkin bagi anda yang memang senang dengan padua dua warna berbeda ini menjadi satu.

Sementara itu, sebaiknya perhatikan betul pemberian warna-warna pada pojok hunian anda. Pemberian warna hitam secara keseluruhan malah akan membuat ruangan terlihat kusam dan menyeramkan. Bagi itu, sebaiknya padukan dua warna menarik ini menjadi satu kesatuan yang menarik dan enak dipandang.

Bagi mensiasati pemberian warna agar lebih menarik, anda bisa menempatkan warna hitam atau warna yang lebih gelap ini dibagian dapur. Tepatnya dibelakang kompor atau letak memasak. Pemberian warna yang lebih gelap akan dapat menyemarkan kotoran yang mudah tertempel pada dinding.

d. Satu Lantai dengan Desain Asri

Desain denah hunian minimalis 1 lantai yang selanjutnya yaitu konsep asri. Pengusungan konsep ini tengah saat diburu saat ini, terutama bagi mereka yang tinggal diperkotaan dengan debu dan polusi yang gede. Menyuguhkan sentuhan hunian yang asri akan dapat mempersembahkan kesan yang nyaman dan sejuk bagi hunian anda.

Nah, adapun rancangan denah yang dapat anda buat merupakan dengan menghadirkan sentuhan pekarangan yang dipenuhi dengan daun dan bunga-bunga. Hal ini akan dapat membantu anda membawa nuansa alam kebagian sekitar hunian. Dimana hal ini tentu menjadi hal yang baik dan bagus bagi dijalankan. Dengan demikian, kesan yang sejuk dan asri akan bisa anda dapatkan dengan lebih mudah.

denah rumah minimalis 1 lantai 3

e. Satu Lantai dengan Desain Simpel

Desain denah hunian yang selanjutnya ialah desain simple dan minimalis yag diusung. Bagi desain denah kali ini, ukuran luas tanah yang terbatas akan cocok mengusung rancangan dengan seperti. Desain yang simple dan konsep minimalis yang kental dari rancangan denah ini akan menyuguhkan keuntungan yang banyak bagi hunian anda.

Namun demikian, desain interior yang ditempatkan didalam hunian akan dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Jadi demikian meskipun mengusung desain yang sederhana, namun ini bukan berarti desian interior didalam hunian akan terkesan murahan. Justru sebaliknya, ukuran hunian yang mungil akan memungkinkan anda bagi dapat menonjolkan kesan minimalis dari model hunian seperti ini.

Penataan ruangan didalam hunian yang terkesan rapih dan mewah pun akan dapat menyuguhkan kesan yang nyaman bagi hunian anda. Dengan begini, ruang gerak yang lebih leluasa ditambah dengan tata ruang yang nyaman akan semakin membuat anda betah bertempat didalam hunian.

 

denah rumah minimalis 1 lantai 4

f. Satu Lantai dengan Nuansa Putih

Bagi racangan denah hunian minimalis 1 lantai yang selanjutnya yakni konsep putih yanng diberikan. Pengusungan tema putih yang alami dan murni akan dapat mempersembahkan nuansa yang berbeda bagi hunian anda. Apalagi bagi anda yang menginginkan kesan hunian yang lebih luas. Pemberian warna putih bagi dinding hunian akan dapat menghadirkan kesan yang luas dan lebih lega. Selain itu, warna-warna netral seperti warna putih pun akan dapat menghadirkan kesan yang lebih terang. Pencahayaan didalam ruangan akan dapat membuat warna putih pada dinding semakin bercahaya. Sehingga demikian, bagi pemberian warna putih pada bangunan akan memungkinkan anda bagi ngga membutuhkan banyak pencahayaan didalam ruangan.

denah rumah minimalis 1 lantai nuansa putih

 

g. Satu Lantai dengan Nuansa Kayu

denah rumah minimalis 1 lantai nuansa kayu

Pemberian aksen kayu pada bangunan sebuah hunian akan dapat menghadirkan nuansa yang lebih alami dan lebih sejuk bagi bangunan. Hal ini tentu akan benar-benar cocok bagi anda yang mendambakan mempunyai hunian yang nyaman dengan konsep yang dekat dengan alam.

Selain itu, bagi rancangan hunian minimalis dengan desain kayu pada umumnya anda ngga akan terlalu membutuhkan pewarnaan yang gede bagi bangunan hunian. Hal ini dikarenakan unsur kayu yang alami akan memungkinkan anda bagi membiarkan kayu lebih alami.

Selain itu, pemberian cahaya ruangan yang ga terlalu berlebihan akan dapat anda lakukan. Dengan demikian, kesan yang lebih alami dan natural bagi hunian anda akan bisa anda dapatkan.

 

4. Denah Rumah Minimalis Dua Lantai

Dengan omah 2 lantai, anda tetap bisa membuat desain omah sesuai dengan yang anda harapkan. Banyak keuntungan yang anda peroleh dibandingkan dengan membangun omah minimalis hanya 1 lantai. Supaya bisa membangun omah minimalis 2 lantai, tentu saja anda tak bisa terlepas dari desain denah omah minimalis 2 lantai. Anda bisa mendesain denah omah minimalis seperti yang anda inginkan. Hanya saja, sebagai referensi anda bisa menyimak beberapa denah omah minimalis 2 lantai yang kami sajikan kali ini.

Ada di atas merupakan gambar denah rumah minimalis yang cocok bagi anda yang pengen membuat rumah dengan desain modern. Perhatikan gambar ada di atas bagi lantai 1, dimana disana tersedia 1 ruang kamar istirahat yang ukurannya cukup gede.

Kamar istirahat dilantai 1 hal yang demikian bisa anda jadikan sebagai kamar istirahatk terlebih. Ruang tamu ada di lantai 1 disatukan dengan ruang makan agar ruangan terkesan lebih luas. Ruangan dapur yang cukup kecil membuat dapur terlihat lebih rapi.

Tak ketinggalan, keberadaan garasi dan taman membuat rumah terkesan lebih indah. Sedangkan bagi lantai 2, dimana rumah ada di lantai 2 hal yang demikian punya 3 kamar istirahat yang cukup efektif. Ke 3 kamar istirahatk hal yang demikian bisa dijadikan sebaga kamar anak atau kamar tamu yang berkunjung ke rumah anda. Ada di lantai 2 dilengkapi dengan 2 kamar mandi, sehingga anak akan menjadi lebih mudah bagi mengakses kamar mandi. Letak jemur disediakan ada di lantai 2 apabila letak jemur ada di lantai 1 ngga mencukupi kapasitas.

 

Gambar-Denah-Rumah-Minimalis-2-Lantai-Modern

 

Beberapa contoh lainnya adalah sebagai berikut:

Bagi gambar yang ke 2 ini, anda bisa memperhatikan desain denah hunian minimalis 2 lantai yang sederhana namun tetap terlihat modern. Ada di lantai 1 terdapat 2 kamar tidur dengan ukuran yang berbeda. Kamar tidur yang letaknya ada di depan dengan ukuran yang cukup luas bisa anda gunakan sebagai kamar tidur lebih-lebih ada di hunian anda.

Bagi ruang ada di tengah-tengah ukurannya cukup luas, yang mana ruangan hal yang demikian dijadikan sebagai ruang tamu atau ruang televisi dan ruang makan. Gak jauh dari ruang makan terdapat dapur dan kamar mandi yang ukurannya tak terlalu luas agar terkesan lebih rapi dan sederhana.

Gak lupa pula, ada di lantai 1 terdapat garasi yang hanya cukup bagi 1 mobil saja. Ada di lantai 2 terdapat 2 ruangan kamar tidur yang ukurannya sama gede dengan ruangan kamar tidurk khususnya ada di lantai 1. Ada di lantai 2 ini terdapat 1 kamar mandi sehingga bagi mereka yang menempati kamar tidur ada di lantai 2, agar bisa mengakses kamar mandi tak harus pergi ke lantai 1.

 

Denah hunian minimalis bagi gambar ketiga ini mempunyai perbedaan yang cukup siginifikan dibandingkan dengan gambar denah hunian minimalis sebelumnya. Pada gambar ini, ada di lantai dasar atau lantai 1 tak terdapat ruang atau kamar tidurk satu pun. Hunian ada di lantai 1 ini terlihat lebih luas karena ruang tamu ruang makan dan ruang keluarga gak terdapat penghalang. Area ruang tamu yang ngga begitu luas tepat ada di dekat pintu masuk dari teras.

Ruang makan dengan dapur didesain berdampingan. Supaya ruang tamu dan ruang televisi atau ruang keluarga tak menyatu, pada desain denah kali ini ada di buat ruangan khusus bagi keluarga. Ngga ketinggalan, ada di lantai bawah terdapat 1 kamar mandi, garasi teras depan dan teras belakang.

Teras belakang bisa dijadikan letak bagi menjemur baju. Beralih ke lantai 2 atau lantai atas, ada di sana terdapat 3 kamar tidur yang ukurannya cukup gede dan 1 kamar tidur berukuran kecil dengan pintu masuk melalui tangga ada di garasi. Dari semua kamar tidurk ada di lantai 2, terdapat salah satu kamar tidurk yang ukurannya paling gede yang cocok bagi dijadikan sebagai kamar tidur terpenting. 2 kamar tidur yang lainnya bisa digunakan bagi kamar anak.

Terlepas dari WC ada di kamar tidur secara khusus, ada di lantai 2 terdapat WC ada di luar kamar sehingga penghuni kedua kamar yang lainnya mudah mengaksesnya.

 

Pada gambar denah rumah minimalis 2 lantai ini terdapat taman minimalis ada di bagian depan. Taman hal yang demikian berfungsi bagi membuat rumah terkesan lebih sejuk, asri dan nyaman yang didesain bagi mendukung bentuk rumah minimalis yang modern. Ada di area depan juga terdapat garasi atau letak mobil. Ruang tamu ada tepat setelah pintu masuk terpenting.

Kemudian setelah ruang tamu terdapat ruang keluarga atau ruang televisi yang bisa dijadikan sebagai letak bagi mengobrol atau bersantai bersama dengan keluarga tercinta. Ruang makan ada bersebelahan dengan dapur sehingga akan memudahkan ketika menyajikan makanan.

Ada di lantai 1 juga dilengkapi dengan kamar tidurk khususnya yang dilengkapi dengan kamar mandi dalam, kamar mandi luar dan taman yang letaknya ada di tengah-tengah rumah yang membuat rumah lebih indah, membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk dan sehat. Beralih ke lantai atas atau lantai 2, ada di sana terdapat 2 kamar tidurk bagi anak-anak.

Ada di lantai 2 juga terdapat ruangan televisi yang bisa digunakan sebagai letak mengobrol, kumpul keluarga atau hanya sekadar bersantai sama halnya dengan ruangan keluarga ada di lantai 1. Selain itu, ada di lantai 2 juga terdapat ruang ibadah yang ukurannya cukup gede, serta 1 kamar mandi tepatnya ada di dekat tangga.

Denah-Rumah-Minimalis-2-lantai4

 

5. Denah Rumah Minimalis Type 36

Rumah minimalis itu sendiri punya beberapa type, mulai dari type 36, 45 dan lain sebagainya. Hanya saja, bagi mereka yang mempunyai anggota keluarga ga terlalu banyak biasanya lebih memilih rumah minimalis type 36. Rumah minimalis type 36 banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang ada ada di kalangan menengah.

Selain cocok bagi keluarga yang ga terlalu banyak, rumah minimalis type 36 juga dalam pembuatannya tak membutuhkan budget yang cukup gede. Rumah minimalis type 36 menjadi hunian yang nyaman dan keren namun tetap murah. Bagi anda yang berkeinginan mendapatkan rumah minimalis type 36, anda bisa membeli rumah yang telah jadi atau membangunnya sendiri.

Membangun rumah minimalis sendiri akan lebih menguntungkan karena anda bisa membuat desain rumah sesuai dengan yang diharapkan agar rumah yang dihasilkan seperti yang anda idamkan semasa ini.

denah rumah minimalis type 36 c denah rumah minimalis type 36 b denah rumah minimalis type 36 a

 

6. Denah Rumah Minimalis Type 45

Rumah minimalis type 45 menawarkan banyak kelebihan. Selain dapat membangun kamar istirahatk lebih dari 2, beberapa kelebihan lainnya yang bisa anda dapatkan yakni seperti berikut ini.

  • Biaya Terjangkau

Membangun rumah minimalis ga memerlukan biaya yang cukup gede. Namun meski begitu bukan berarti rumah yang akan didapatkan hanya biasa-biasa saja. Anda tetap akan mendapatkan hunian yang nyaman dengan konsep sesuai yang anda inginkan. Rumah minimalis cocok bagi semua kalangan.

  • Glamor dan Keren

Glamor dan glamor akan anda dapatkan dari konsep rumah bergaya minimalis. Selain itu, anda akan mendapatkan kesan sederhana dan modern, baik dilihat dari bangunannya atau lain sebagainya. Hanya saja, ketika disuguhkan dengan desain interiornya anda akan disuguhkan oleh kesan keren dan elegan.

  • Ga Memerlukan Lahan yang Luas

Ketersediaan lahan yang semakin sedikit menjadikan rumah berkonsep minimalis pilihan yang tepat. Rumah minimalis umumnya dibangun ada di atas lahan yang tak terlalu luas. Bagi anda yang punya anggota keluarga cukup banyak, bagi mensiasati rumah yang tak terlalu luas anda bisa membangun rumah menjadi beberapa lantai. Walau lahan yang tersedia terbatas, tetapi anda tetap bisa tinggal dengan nyaman.

  • Mudah Menata Ruangan

Rumah minimalis punya ruangan yang gak terlalu luas. Hal ini menjadikan rumah minimalis cukup mudah bagi ditata dengan meletakan beraneka barang atau perabotan ada di dalam rumah.

  • Simple

Rumah minimalis terkesan simple, yang mana kesan simplenya hal yang demikian bisa didapatkan dari desain eksterior.

denah rumah minimalis type 45 denah rumah minimalis type 45 2 denah rumah minimalis type 45 3 denah rumah minimalis type 45 4

 

Hunian minimalis type 45 2 lantai ini memungkinkan anda membuat ruangan yang cukup banyak sesuai dengan kebutuhan. Hanya saja, ruangan-ruangan khususnya ada di bagian lantai dasar tetap harus dihadirkan seperti misalkan kamar istirahat terlebih, ruang tamu, dapur, ruang makan dan kamar mandi. Sedangkan bagi kamar anak-anak dan ruang keluarga, serta ruangan yang lainnya bisa anda tempatkan ada di lantai 2.

Hunian minimalis 2 lantai memungkinkan bagi anda bagi membuat taman atau garasi yang lebih luas. Konsep hunian yang sesuai dengan impian tentu menjadi kebanggaan bagi anda. Dengan hunian minimalis 2 lantai anda bisa mendapatkan hunian sesuai yang anda harapkan, karena anda bisa menciptakan ruangan-ruangan yang pingin anda hadirkan tanpa harus terbatas oleh ketersediaan lahan yang ada.

Selain itu, dengan hunian minimalis 2 lantai anda bisa menciptakan ruangan yang lebih nyaman lagi dengan penataan furniture yang bisa dilaksanakan dengan lebih leluasa. Furniture bisa anda letakan sesuai dengan ruangan dan tempatnya.

Itulah beberapa denah hunian minimalis type 45 yang bisa anda jadikan inspirasi. Membuat sketsa atau denah hunian harus mempertimbangkan banyak hal. Agar hunian yang dihasilkan sesuai dengan hunian yang anda harapkan sewaktu ini, maka penting bagi memperhatikan setiap detail denah hunian yang anda buat.

 

7. Denah Rumah Minimalis Dua Kamar

Model hunian minimalis dengan 2 kamar akan dapat menjadi pilihan yang sesuai bagi anda yang baru saja menikah dan berkeluarga. Ukuran yang ga terlalu luas, namun desain hunian yang modern dan glamor akan dapat menghadirkan keuntungan yang gede bagi anda.

Walau dibanguan dengan ukuran dan desain yang sederhana, namun bukan berarti model hunian yang dibangun kali ini hanya akan terkesan alakadarnya. Bila anda dapat merencanakan perancangan denah hunian minimalis 2 kamar dengan baik. Maka pembangunan hunian kali ini akan dapat terasa nyaman dengan desain interior yang menarik.

Dengan demikian, sebelum anda memutuskan bagi membangun sebuah hunian maka penting sekali bagi merencanakan perancangan denah hunian terlebih dahulu. Dengan begini maka pembangunan dan tata tempat ruang didalam hunian akan dapat sesuai dengan yang anda harapkan. Biasanya bagi dapat merancangan penataan ruang didalam hunian anda akan membutuhkan bantuan perancang. Hanya saja, tentunya hal ini akan membuat anda membutuhkan banyak biaya.

Nah, bagi mengatasi hal ini maka tulisan inspirasi denah hunian minimalis 2 kamar kali ini akan benar-benar membantu anda. Dengan demikian, anda akan bisa mendapatkan gambaran inspirasi denah hunian minimalis 2 kamar tanpa perlu merogoh kocek yang terlalu gede. Yang perlu anda lakukan hanyalah, menyimak karya ini dan kami akan berikan beberapa inspirasinya bagi anda.

Mau tahu seperti apa inspirasi denah hunian minimalis 2 kamar yang nyaman dan glamor?

Gak perlu khawatir beberapa hal dibawah ini akan dapat anda simak dengan mudah.

 

inspirasi denah rumah minimalis 2 kamar inspirasi denah rumah minimalis 2 kamar 2 inspirasi denah rumah minimalis 2 kamar 3 inspirasi denah rumah minimalis 2 kamar 4 inspirasi denah rumah minimalis 2 kamar 5

 

8. Denah Rumah Minimalis Tiga Kamar

Membuat denah omah sebelum membangun omah akan memudahkan dalam proses pembangunan serta membuat anda mengetahui gambaran omah anda nantinya. Nah, kini ada banyak denah omah yang bisa dijadikan inspirasi. Bagi anda yang mencari inspirasi denah omah sederhana 3 kamar, beberapa denah omah berikut ini bisa dijadikan pilihan.

denah rumah sederhana kamar 3 denah rumah sederhana kamar 3 2 denah rumah sederhana kamar 3 3

 

Tips Membuat Desain Rumah Minimalis 3 Kamar

1. Buat Satu Kamar Lebih Gede

Bagi denah rumah 3 kamar, biasanya kamar utma diciptakan lebih gede karena diperuntukkan bagi rumah. Kamar lebih-lebih juga mempunyai fasilitas yang lebih lengkapn seperti kamar mandi tersendiri, kloset pakaian yang gede, dan beberapa fasilitas lainnya.

2. Kamar Tambahan Berukuran Sama Kamar

kedua dan ketiga yang pada umunya diperuntukkan bagi anak-anak atau tamu dapat dibangun dengan ukuran yang lebih kecil dan dengan fasilitas yang standar saja. Anda dapat membuat kedua kamar tambahan dengan ukuran yang sama. Bangun Kamar Berdampingan Bila anda memilih rumah minimalis dengan konstruksi 1 lantai saja, tempatkanlah ketiga kamar dengan posisi berdampingan ada di satu sisi rumah. Dengan menkhususkan satu sisi rumah bagi area ketiga kamar tidurk, anda tak memerlukan lahan yang cukup luas.

3. Buat Area Kamar Pada Satu Lantai

Memilih konstruksi rumah 2 lantai memang lebih mudah bagi menerapkan denah interior dengan tata ruang 3 kamar. Anda dapat mengkhususkan lantai 2 bagi area kamar dan lantai satu bagi ruangan-ruangan secara khusus seperti ruang keluarga, dapur, ruang makan, dan ruangan lainnya. Pengaturan Tempat kamar Mandi Seperi yang telah sedikit dibahas ada di atas, kamr terpenting biasanya mempunyai kamar mandi khusu yang dapat diakses hanya dari dalam kamar hal yang demikian. Jadi, anda tinggal menambahkan satu kamar mandi saja yang dapat diakses dari luar sebagai fasilitas bagi kamar tambahan. Bangun kamar mandi tambahan ada di dekat kamar kedua dan ketiga. Bagi akses yang lebih mudah, anda dapat membangun kamar mandi hal yang demikian ada di antara kamar pertama dan ketiga.

4. Desain Ketiga Kamar Dengan Tampilan Selaras

Sebagai bagian dari interior rumah, anda harus membuat tampilan ketiga kamar terlihat menawan dan menarik. Buatlah dekorasinya terlihat selaras dengan memberinya kombinasi warna dan gaya dekorasi yang sama.

5. Perhatikan Kenyamanan Setiap Kamar

Kenyamanan merupakan hal terpenting yang harus dimiliki oleh setiap kamar. Hal-hal seperti pencahayaan, keleluasaan, dan suasana keseluruhan yang nyaman. Pasanglah jendela berukuran sedang atau gede karena dapat menambah pencahayaan dan membuat kamar terasa lebih leluasa. Beberapa tips hal yang demikian amat mudahuntuk diterapkan dalam membuat desain rumah minimalis 3 kamar. Tentunya dengan injspirasi-inspirasi desai kamar minimalis 3 kamar yang telah kami himpun dan tips-tips yang telah kami ranbgkum anda dapat lebih mudan dalam membuat desain rumah minimalis 3 kamar dengan denah yang diatur dengan cermat.

 

***

Demikian beberapa denah rumah minimalis yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk membuat rumah minimalis impian Anda. Baca juga postingan lain tentang denah rumah minimalis di tautan kategori tersebut. Selamat membangun!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *